@misc{eprints1490, month = {April}, title = {PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP KELAS VII2 SMP MUHAMMADIYAH 2 KALIANDA}, author = {SALMAH Ismail}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1490/}, abstract = {Hasil diskusi dengan guru mitra diketahui bahwa proses pembelajaran IPA kelas VII2 semester genap SMP Muhammadiyah 2 Kalianda Tahun Pelajaran 2012/2013 ditemukan kelemahan yaitu penyampaian materi IPA selalu dengan metode ceramah, siswa kurang aktif belajar, rata-rata hasil belajar kognitif Tahun Pelajaran 2012/2013 Semester Ganjil dengan nilai 5,5. Untuk itu perlu perbaikan pembelajaran dengan model STAD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif Tipe STAD. SALMAH iii Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII2 SMP Muhammadiyah 2 Kalianda. Kegiatan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi untuk tiap siklus. Data penelitian ini berupa data kuantitatif diperoleh dari ratarata nilai tes yang di analisis dengan menghitung skor terhadap hasil observasi aktivitas belajar siswa dan nilai hasil belajar siswa. Selanjutnya skor tersebut dikategorikan sesuai dengan aspek yang diukur. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 60,33\% dan siklus II yaitu 82,78\% sehingga dari kedua siklus meningkat menjadi 22,44\%. Kemudian rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 63\% sedangkan pada siklus II sebesar 84,2\% sehingga sebesar 21,2\%. Kata kunci : aktivitas belajar, ciri-ciri makhluk hidup, hasil belajar IPA, model STAD.} }