@article{eprints14901, title = {PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA ( Studi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Budaya Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011 ) }, author = {Agung Saputra 0443021001}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/14901/}, abstract = {ABSTRAK Keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Budaya Bandar Lampung belum mencapai hasil yang memuaskan, terlihat dari rata-rata nilai mid semester kelas XI IPS 2 pada semester genap hanya 49,7 dan persentasi siswa yang tuntas hanyalah 31,4\% dari 35 siswa yang ada. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar tersebut adalah siswa yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD menuntut siswa dapat bekerjasama dalam kelompok dan bertanggungjawab terhadap keberhasilan kelompoknya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Budaya Bandar Lampung dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakkan dengan subjek penelitian 35 siswa kelas XI IPS SMA Budaya Bandar Lampung pada semester genap tahun pelajaran 2010-2011. Faktor-faktor yang diteliti adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas XI IPS SMA Budaya Bandar Lampung dapat meningkatkan aktivitas siswa pada setiap siklusnya, aktivitas belajar siswa telah memenuhi indikator keberhasilan pada pertemuan ke-3 siklus ke-2 dengan rata-rata siswa aktif mencapai 62,8\% (2) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas XI IPS SMA Budaya Bandar Lampung dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil belajar siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar pada tes siklus ke-3 dengan rata-rata siswa tuntas 71,42\%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Aktivitas, Hasil Belajar } }