?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERBANDINGAN+PENGGUNAAN+METODE+DEMONSTRASI+DENGAN+METODE+PRAKTIKUM+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+SISWA%0D%0APADA+MATERI+PENGGUNAAN+MIKROSKOP%0D%0A(Eksperimen+Semu+pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+N%0D%0A19+Bandar+Lampung+T.P+2012%2F2013)&rft.creator=Usman+Ali%2C+SEPTINA+USMAN&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Hasil+observasi+pada+kelas+VII+SMP+Negeri+19+Bandar+Lampung%2C+diketahui+bahwa+hasil+belajar+siswa+masih+rendah.+Oleh+karena+itu%2C+diperlukan+solusi+untuk+meningkatkan+hasil+belajar+siswa%2C+salah+satunya+dengan+menggunakan+metode+demonstrasi+dan+metode+praktikum.+Metode+ini+mengaitkan+antara+materi+yang+diajarkan+dengan+situasi+dunia+nyata+siswa%2C+sehingga+siswa+akan+lebih+aktif+dalam+pembelajaran.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+perbandingan+pengaruh+penerapan+metode+demonstrasi+dengan+metode+praktikum+terhadap+peningkatan+hasil+belajar+kognitif+dan+afektif+siswa+dan+untuk+mengetahui+perbandingan+rata-rata+hasil+belajar+siswa+yang+pembelajarannya+menggunakan+metode+demonstrasi+dan+metode+praktikum.%0D%0APenelitian+ini+merupakan+eksperimental+semu+dengan+desain+pretes+postes+non-equivalen.+Sampel+dalam+penelitian+ini+adalah+kelas+VIIC+dan+VIID+yang+diambil+dengan+teknik+cluster+random+sampling.+Data+penelitian+berupa+nilai+hasil+belajar%0D%0ASeptina+Usman%0D%0Aiii%0D%0Aaspek+kognitif+dan+afektif.+Aspek+kognitif+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+pretes%2C+post+test+dan+N-gain%2C+sedangkan+aspek+afektif+diperoleh+dari+lembar+observasi+afektif+yang+diambil+pada+setiap+pertemuan+kemudian+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji-t+dan+uji+U+menggunakan+bantuan+program+software+SPSS+16.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+penerapan+metode+praktikum+berpengaruh+signifikan+terhadap+peningkatan+hasil+belajar+pada+aspek+kognitif+dan+afektif+siswa+dibandingkan+dengan+penerapan+metode+demonstrasi.+Hasil+belajar+mengalami+peningkatan%2C+dengan+rata-rata+nilai+pretes+sebesar+(-1%2C30)%3B+nilai+post+test+(5%2C29)%3B+dan+N-gain+(8%2C37).+Peningkatan+hasil+belajar+afektif+siswa+juga+terjadi+dalam+semua+aspek+dengan+persentase+pada+aspek+kerajinan+bernilai+sebesar+(82%2C09%25)%3B+keaktifan+sebesar+(83%2C11%25)%3B+kesopanan+sebesar+(78%2C38%25)%3B+kemampuan+mengemukakan+pendapat+sebesar+(78%2C72%25)+dan+aspek+bekerjasama+dengan+teman+sebesar+(75%2C00%25).+Dengan+demikian%2C+pembelajaran+menggunakan+metode+praktikum+berpengaruh+signifikan+terhadap+peningkatan+hasil+belajar+pada+aspek+kognitif+dan+afektif+siswa+dibandingkan+dengan+penerapan+metode+demonstrasi.%0D%0AKata+kunci+%3A+Hasil+belajar%2C+Metode+demonstrasi%2C+Metode+praktikum%2C+Penggunaan+Mikroskop&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-09-15&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1491%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1491%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1491%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1491%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1491%2F5%2FHALAMAN%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1491%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1491%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1491%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1491%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1491%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1491%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1491%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1491%2F13%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Usman+Ali%2C+SEPTINA+USMAN++(2014)+PERBANDINGAN+PENGGUNAAN+METODE+DEMONSTRASI+DENGAN+METODE+PRAKTIKUM+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+SISWA+PADA+MATERI+PENGGUNAAN+MIKROSKOP+(Eksperimen+Semu+pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+N+19+Bandar+Lampung+T.P+2012%2F2013).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1491%2F