creators_name: Purnomo, SILVIA PRANA MAHKOTA type: other datestamp: 2014-05-08 03:44:28 lastmod: 2014-05-08 03:44:28 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Perintis 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013) ispublished: pub subjects: LB subjects: QH301 full_text_status: restricted abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok Ekosistem. Desain penelitian adalah pretest-postest non ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIB yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif yaitu hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dari pretest dan posttest. Analisis data kuantitatif menggunakan uji-U. Data kualitatif yaitu aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar yang diperoleh dari angket kemenarikan penggunaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yang dianalisis secara deskriptif. iii Silvia Prana Mahkota Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar efektif dalam meningkatkan hasil belajar (aspek kognitif) siswa (N-gain 0,74) lebih tinggi dan berbeda nyata daripada kelas yang pembelajarannya menggunakan metode diskusi (N-gain 0,25). Indikator menyimpulkan merupakan indikator tertinggi yang dicapai siswa pada kelas yang menggunakan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar menunjukan persentase sebesar 78,49%, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 68,4%. Aspek mengumpulkan data merupakan aktivitas tertinggi yang dilakukan siswa pada kelas yang menggunakan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar. Selain itu, sebagian besar siswa (±70%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media lingkungan sekitar sekolah. Dengan demikian Penggunaan media lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis dan aktivitas siswa pada materi pokok ekosistem. Kata kunci : Lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar, kemampuan berpikir kritis, Ekosistem. date: 2014-08-16 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG related_url_type: pub citation: Purnomo, SILVIA PRANA MAHKOTA (2014) PENGARUH PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Perintis 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/1492/1/3.%20COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1492/2/2.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1492/3/4.%20HALAMAN%20MENYETUJUI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1492/4/5.%20HALAMAN%20MENGESAHKAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1492/5/6.%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1492/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1492/7/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1492/8/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1492/9/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1492/10/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1492/11/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1492/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1492/13/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf