TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints14924 UR - http://digilib.unila.ac.id/14924/ A1 - ANSELIA ERITA, 1213254002 Y1 - 2015/08/12/ N2 - ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan mengenal konsep sains yang belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep sains melalui metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dengan menggunakan panduan instrumen observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif kemudian dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran konsep sains melalui metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep sains. Hal ini terlihat dari persentase peningkatan kemampuan mengenal konsep sains yang semula pada siklus I rata-rata hanya mencapai 25,2 persen meningkat menjadi 37,6 persen pada siklus II dan menjadi 71,6 persen pada siklus III. Oleh sebab itu hendaknya lebih di optimalkan, terutama dalam penggunaan metode eksperimen agar dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep sains pada anak usia dini. Kata Kunci : Metode Eksperimen PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - OPTIMALISASI KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN DI TK TELKOM SCHOOL AV - restricted ER -