@misc{eprints1494, month = {April}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA SUB MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2012/2013)}, author = {SRI ANDRIYANI DEWI LARASATI Marsono (alm.)}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1494/}, abstract = {Hasil observasi yang telah dilakukan di SMA Negeri 2 Metro, diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dan uji U dengan bantuan program SPSS versi 17 dengan taraf kepercayaan 5\%. Data kualitatif berupa aktivitas siswa dan data angket tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio-visual yang dianalisis secara deskriptif. Sri Andriyani Dewi Larasati iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas bekerja sama, menjawab pertanyaan, mengajukan pertanyaan, dan mengemukakan ide/pendapat mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata N-gain sebesar (59,31). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media audio-visual berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada sub materi pokok sistem pernapasan pada manusia. Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, dan media audio-visual} }