%A THANTASIA NANGNIVA 0813043037 %T PENGGUNAAN METODE PEMODELAN DALAM PEMBELAJARAN TARI BEDANA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LAMBU KIBANG KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode pemodelan dalam pembelajaran tari bedana pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Bagaimanakah Penggunaan Metode Pemodelan dalam pembelajaran tari bedana pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat? Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif mengenai kata-kata lisan maupun tertulis, dan tingkah laku yang dapat diamati dari orang-orang yang diteliti. Pemodelan pembelajaran tari bedana dilakukan, yaitu dengan pemodelan secara langsung (direct intruction), guru bertindak sebagai model peraga dan secara tidak langsung (non-direktif) dengan menggunakan media video. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data lapangan dan data kepustakaan. Data-data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan metode pemodelan tidak langsung bisa dikatakan baik walaupun belum maksimal, karena tidak seluruh siswa mempunyai minat dan kemampuan yang sama. Metode pemodelan secara langsung dapat dikatakan lebih baik karena guru dapat secara langsung mengajarkan gerak tari bedana, jadi apabila siswa kesulitan dengan salah satu gerakan tari bedana maka siswa dapat bertanya langsung kepada guru. tetapi pemodelan secara langsung ini juga dapat menjadi kendala bagi siswa jika guru sebagai model peraga terlalu cepat mencontohkan gerak tari bedana sehingga siswa tidak dapat mengikuti dengan maksimal. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints14940