@unpublished{eprints14943, month = {Desember}, title = {HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI DALAM KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR SIWA KELAS VII DAN VIII SMP NEGERI SATU ATAP 2 SRAGI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012}, school = {Universitas Lampung}, author = {SUMIASIH 0853032038}, year = {2012}, url = {http://digilib.unila.ac.id/14943/}, abstract = {Pendidikan merupakan salah satu faktor penting untuk mewujudkan terciptanya sumber daya manusia yang produktif sebagai pelaku pembangunan.Sifatnya mutlak dalam kehidupan, baik dalam kehidupan seseorang keluarga maupun bangsa dan negara. Maju mundurnya suatu bangsa ditentukan oleh maju mundurnya pendidikan bangsa itu. Hubungan interaksi anak dengan orangtu sangat mempengaruhi prestasi belajar anak disekolah, sehingga memuaskan dengan nilai 9,1-100 atau gagal dengan nilai 0,0-5,0 prestasi anak disekolah dapat ditentukan oleh hubungan antara interaksi dalam keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana hubungan antara interaksi dalam keluarga dengan prestasi belajar siswa kelas VII dan VII SMP Negeri satu aatap 2 Sragi Lampung Selatan tahun pelajaran 201102012 Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Adapun penentuan sampel pada penelitian ini merupakan teknik area random sampling, yaitu teknik sampel yang dilakukan dengan mengambil wakil dari tiap kelas yang terdapat dalam populasi. Jumlah populasi sebanyak 106 orang dan sampel yang diambil sebanyak 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh dari hubungan antara interaksi dalam keluarga dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri Satu Atap 2 Sragi Kabupaten Kalianda Lampung Selatan Tahun Pelajaran 201102012. Ini dibuktikan dengan hasil perhitungan yang menggunakan rumus Chi Kuadrat bahwa x? hitung = 269,83 pada taraf signifikan 5\% (0,05) maka diperoleh x? tabel = 9,49. Dengan demikian x? hitung lebih besar dari x? tabel (x? hit x? tab) yaitu 269,83 9,49 dengan derajat kebebasan = 4 yakni dengan klasifikasi C =0,4 dan koefisien kontingensi Cmaks = 0,816 dan terletak pada keeratan pengaruh 0,55-0,82 (kategori erat). Hasil pengujian tersebut dapat diketahui bahwa hubungan antara interaksi dalam keluarga dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri Satu Atap 2 Sragi Kabupaten Kalianda Lampung Selatan Tahun Pelajaran 201102012. Hubungan interaksi anak dengan orangtu sangat mempengaruhi prestasi sbelajar anak disekolah, sehingga memuaskan atau gagal prestasi anak disekolah dapat ditentukan oleh hubungan antara interaksi dalam keluarga.} }