%0 Thesis %9 Other %A 1013119172, SARINAH %B FKIP %D 2013 %F eprints:14948 %I Universitas Lampung %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 MATARAM KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/14948/ %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Mataram Kecamatan Gadingrejo pada mata pelajaran IPA. Untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran tipe Student Teams Achivement Division (STAD) karena model pembelajaran tipe STAD ini dianggap tepat untuk mencapai tujuan yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 3 Mataram Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Siswa kelas IV SD Negeri 3 Mataram. Skor aktivitas pada siklus I 55%, pada siklus II menjadi 73%, jadi meningkat sebanyak 18%. Rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 56,80, pada siklus II menjadi 80,80 , jadi meningkat sebanyak 24