TY - JOUR ID - eprints14950 UR - http://digilib.unila.ac.id/14950/ A1 - 0813053049, NOVA AMALIA Y1 - 2013/01/21/ N2 - Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti, ditemukan rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V A SD Negeri 2 Metro Timur salah satunya Disebabkan oleh siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran dan dari nilai ratarata ujian semester ganjil yang mencapai 49,40, sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan ?60. Oleh karena itu, perlu perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menerapkan model cooperative learning teknik make a match. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data dalam bentuk analisis kualitatif dan kuantitatif. Perbaikan pembelajaran dengan model cooperative learning teknik make a match memperoleh data aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 46,7% (cukup), siklus II 60,53% (baik), dan siklus III 82,07% (sangat baik). Sementara rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 58,15 (sedang), siklus II 70,11 (tinggi), dan siklus III 82,96 (sangat tinggi). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa didukung uji perbedaan hasil tes formatif dengan menggunakan t-tes, didapatkan hasil thitung (Siklus II-III) = 8,290 > ttabel hitung( Siklus I-II) = 7,056 > t = 2,056, pada ketentuan ? = 0,05. Berdasarkan analisis tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui model cooperative learning teknik make a match siswa kelas V A SD Negeri 2 Metro Timur tahun pelajaran 2011/2012 JF - Digital Library TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH SISWA KELAS V A SD NEGERI 2 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012 AV - public ER -