%0 Journal Article %A 1013109075, ZULAIKAH %D 2013 %F eprints:14952 %J Digital Library %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS SISWA KELAS IV SDN 5 SUNGAILANGKA GEDONGTATAAN PESAWARAN TP 2012-2013 %U http://digilib.unila.ac.id/14952/ %X Penelitian ini beranjak dari rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 5 Sungailangka Kecamatan Gedongtataan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika melalui model pembelajaran STAD di kelas IV SD Negeri 5 Sungailangka Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan prosedur yang berbentuk siklus, yang terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelititian ini yaitu dengan menggunakan data aktivitas siswa dan instrumen penelitian. Instrumen penelitian yang berupa lembar observasi aktivitas siswa, lembar kinerja guru dan lembar soal tes evaluasi hasil belajar siswa. Pada siklus I pertemuan pertama siswa yang tuntas hanya 40% dan 50% pada pertemuan kedua. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas ada 65% pada pertemuan pertama dan 90% pada pertemuan kedua. Ketuntasan siswa tersebut dapat dilihat dari ketercapaian KKM yang telah ditetapkan pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 5 Sungailangka Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus setelah peneliti menggunakan model pembelajaran STAD.