%0 Journal Article %A 1013109124, Munawwaroh %D 2013 %F eprints:14953 %J Digital Library %T MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI BATURAJA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %U http://digilib.unila.ac.id/14953/ %X Penyampaian materi IPA secara umum dalam praktiknya selalu monoton, karena pada umumnya guru menyajikan pembelajaran dengan metode ceramah langsung melalui cerita, tugas kelompok, mencatat, dan jarang menggunakan media atau alat peraga pembelajaran sehingga aktivitas belajar siswa menjadi rendah. Rendahnya aktivitas siswa berimbas kepada rendahnya penguasaan konsep IPA. Masalah tersebut dipecahkan melalui penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep IPA melalaui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas V SDN Baturaja yang berjumlah 16 orang, terdiri dari 8 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkah-langkah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar dari siklus ke siklus. Aktivitas siswa pada siklus I 62,50%, pada siklus II meningkat menjadi 85,00%. Rata-rata hasil belajar pada siklus I 66,32, pada siklus II meningkat menjadi 75,17. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I 62,50%, meningkat pada siklus II menjadi 87,50%.