@article{eprints14955, month = {Januari}, title = {MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SDN 5 CIPADANG KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013}, author = {Tri Suratmi 1013109166}, year = {2013}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/14955/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkahlangkah:(1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah guru, teman sejawat, dan siswa kelas V sebanyak 20 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar dari siklus ke siklus. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 60,83\%, pada siklus II meningkat menjadi 82,50\%. Rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 67,83, pada siklus II meningkat menjadi 75,50. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I hanya 60\%, meningkat pada siklus II menjadi 90\%.} }