TY - JOUR ID - eprints14956 UR - http://digilib.unila.ac.id/14956/ A1 - 1013109168, Utami Susilowati Y1 - 2013/01/10/ N2 - Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai, melalui prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai Desember 2012, di SDN 2 Sungailangka Kecamatan Gedongtatan Kabupaten Pesawaran untuk mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 2 Sungailangka Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif TGT. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Sungailangka Kecamatan Gedongtatan Kabupaten Pesawaran, yang berjumlah 16 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teamsgames-tournament dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa, yang ditunjukkan melalui: (1)peningkatan jumlah siswa yang aktif pada pelaksanaan pembelajaran dari 65,31% di siklus pertama menjadi 72,40% siswa aktif di siklus kedua; (2)peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 2 Sungailangka Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran dengan pencapaian ketuntasan sebanyak 37,50% siswa tuntas di siklus pertama dengan rata-rata penguasaan materi kurang sebesar 56,81%; meningkat menjadi 68,75% siswa tuntas di siklus kedua dengan rata-rata penguasaan materi minimal sebesar 62,71%. JF - Digital Library TI - PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS-GAMES-TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SDN 2 SUNGAILANGKA KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 AV - public ER -