TY - JOUR ID - eprints14958 UR - http://digilib.unila.ac.id/14958/ A1 - 0543024043, SITI SURYANI Y1 - 2012/01// N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS yang dikombinasi dengan animasi multimedia terhadap penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok Sistem Pernapasan Manusia. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIa dan VIIIf yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yaitu berupa nilai penguasaan materi siswa yang diperoleh dari nilai pretes dan postes, kemudian dihitung selisihnya dan diperoleh N-gain. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95% dengan menggunakan program SPSS 17. Data kualitatif pada penelitian ini yaitu aktivitas belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) yang dikombinasi dengan animasi multimedia yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa dan angket kemenarikan model pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) yang dikombinasi dengan animasi multimedia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata penguasaan materi siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) yang dikombinasi dengan animasi multimedia (N-gain 3,61) lebih tinggi dibandingkan kelas yang pembelajarannya tanpa pembelajaran animasi multimedia (N-gain 2,44). Hal ini berarti model pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) yang dikombinasi dengan animasi multimedia sangat berpengaruh terhadap penguasaan materi siswa. Model pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) yang dikombinasi dengan animasi multimedia juga berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa pada saat proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) yang dikombinasi dengan animasi multimedia lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas belajar siswa kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) yang dikombinasi dengan animasi multimedia meningkatkan penguasaan materi siswa pada materi pokok Sistem Pernapasan Manusia . Aktivitas belajar siswa selama pembelajaran lebih tinggi dikelas eksperimen dibandingkan dengan aktivitas belajar siswa dikelas kontrol. Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe TPS, animasi multimedia, penguasaan materi. JF - Digital Library TI - PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR SHARE (TPS)YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN ANIMASI MULTIMEDIA TERHADAP PENGUASAAN MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA OLEH SISWA KELAS VIII (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012) AV - restricted ER -