%A Nurlaila Rajabiah 0613022045 %J Digital Library %T PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN KECAKAPAN BERPIKIR RASIONAL SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING %X Hasil belajar dan kecakapan berpikir rasional siswa memiliki perbedaan berdasarkan pemberian pendekatan dan metode pembelajaran yang berbeda yaitu menggunakan pendekatan problem solving dengan metode pemberian tugas dan pendekatan problem posing dengan metode pemberian tugas. Pembelajaran problem posing yaitu pembelajaran dimana melatih siswa dilatih untuk mengajukan masalah dengan cara merumuskan soal beserta penyelesaiannya. Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa diharapkan lebih terlatih dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui per?bedaan rata-rata hasil belajar aspek kognitif dan kecakapan berpikir rasional siswa. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk Pre-Eksperi?men?tal Design dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data hasil belajar dan kecakapan berpikir rasional menggunakan skor N-gain sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Berdasarkan skor rata-rata N-gain diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas problem posing dengan metode pemberian tugas sebesar 0,75 (kategori tinggi). Sedangkan pada kelas problem solving dengan metode pemberian tugas, diketahui rata-rata N-gain sebesar 0,69 (kategori sedang). Pada skor rata-rata N-gain diperoleh rata-rata kecakapan berpikir rasional siswa pada kelas problem posing dengan metode pemberian tugas sebesar 0,61 (kategori sedang). Sedangkan pada kelas problem solving dengan metode pemberian tugas, diketahui rata-rata N-gain sebesar 0,70 (kategori tinggi). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar aspek kognitif dan kecakapan berpikir rasional siswa pada kedua kelas eksperimen. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran problem posing dengan metode pemberian tugas lebih tinggi dibandingkan dengan skor rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran problem solving dengan metode pemberian tugas. Perbedaan rata-rata (mean diference) sebesar 0,06132 dan perbedaan berkisar antara 0,00313 sampai 0,11950. Sedangkan skor rata-rata kecakapan berpikir rasional siswa pada pembelajaran problem solving dengan metode pemberian tugas lebih tinggi dibandingkan dengan skor rata-rata kecakapan berpikir rasional siswa pada pembelajaran problem posing dengan metode pemberian tugas. Perbedaan rata-rata (mean diference) sebesar -0,08605 dan perbedaan berkisar antara -0,14367 sampai -0,02843. Kata kunci: hasil belajar, kecakapan berpikir rasional, problem solving, problem posing. %L eprints14962