TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints14968 UR - http://digilib.unila.ac.id/14968/ A1 - Novita Sari Rosi Tiandani, 1113031053 Y1 - 2015/10/22/ N2 - ABSTRAK Penelitian komparatif ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas hasil belajar akuntansi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Make A Match dengan memperhatikan interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Populasi penelitian berjumlah 100 siswa dengan sampel sebanyak 76 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Uji hipotesis menggunakan rumus analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar akuntansi antara model Problem Based Learning dan Make A Match, (2) Hasil belajar akuntansi menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan Make A Match pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, (3) Hasil belajar akuntansi menggunakan model Problem Based Learning lebih rendah dibandingkan Make A Match pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, (4) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: hasil belajar, motivasi belajar, Make A Match, Problem Based Learning PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MAKE A MATCH DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK SWADHIPA 1 NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -