%A Fenti Kurniyati 0613051042 %J Digital Library %T PEMBELAJARAN LONCAT HARIMAU DENGAN PENDEKATAN PAIKEM PADA SISWA KELAS XI TKJ 5 DI SMK WIDYA YAHYA GADINGREJO PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran loncat harimau dengan pendekatan paikem dengan melakukan gerakan loncat harimau melompati box yang terbuat dari kardus, meloncati kardus atau box tetapi kemudian melompati tali karet yang dipancangkan, dan melompati tali karet kemudian menjatuhkan diri di matras pada siswa kelas XI TKJ 5 SMK Widya Yahya Gadingrejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kaji tindak dengan menggunakan pedoman penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) CAR. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 5 SMK Widya Yahya Gadingrejo yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data untuk meningkatkan pembelajaran loncat harimau dengan pendekatan PAIKEM menggunakan indikator-indikator dari penilaian keterampilan gerak dasar loncat harimau, bentuk indikatornya adalah: (1) Tahap persiapan (2) Tahap gerak atau pelaksanaan (3) Akhir gerak. Analisis data hasil tes awal dan tes akhir menggunakan teknik analisis melalui tabulasi, presentase dan normatif. Dari hasil post test terdapat peningkatan pembelajaran loncat harimau dengan pendekatan paikem. Pada siklus pertama terdapat peningkatan pembelajaran loncat harimau dengan pendekatan paikem dengan pelaksanaan gerakan loncat harimau melompati box yang terbuat dari kardus sebesar 44,50%, dengan tingkat efektivitas 14,99% yang artinya tindakan belum efektif. Pada siklus ke dua juga terdapat peningkatan pembelajaran loncat harimau dengan pendekatan paikem yang dilakukan dengan meloncati kardus atau box tetapi kemudian melompati tali karet yang dipancangkan sebesar 44,50% dengan tingkat efektivitas 37,21% yang artinya tindakan belum efektif. Kemudian pada siklus ke tiga mengalami peningkatan pembelajaran loncat harimau dengan pendekatan paikem yang dilakukan dengan melompati tali karet kemudian menjatuhkan diri di matras sebesar 44,50% dengan tingkat efektif 57,06% yang artinya tindakan telah efektif karena hasil perhitungan telah meningkat lebih dari 50%, sehingga meningkatkan prosentase ketuntasan belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran loncat harimau dengan pendekatan paikem dapat ditingkatkan dengan treatment melakukan gerakan loncat harimau melompati box yang terbuat dari kardus, meloncati kardus atau box tetapi kemudian melompati tali karet yang dipancangkan, dan melompati tali karet kemudian menjatuhkan diri di matras. %D 2012 %L eprints14969