%0 Journal Article %A 0613052002, Aris Hermawan %F eprints:14971 %J Digital Library %T PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN OPTIMISME SISWA MENGUASAI MATERI PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS XII SMA NEGERI 1 LABUHAN MARINGGAI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 %U http://digilib.unila.ac.id/14971/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya optimisme siswa dalam menguasai materi pelajaran matematika. Permasalahannya adalah apakah optimisme siswa untuk menguasai materi pelajaran matematika dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan optimisme siswa menguasai materi pelajaran matematika dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Pretest and Posttest Group. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan angket. Dan subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa yang memiliki optimisme rendah menguasai materi pelajaran matematika didapat menggunakan angket optimisme. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa optimisme siswa dalam menguasai materi pelajaran matematika dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok, hal ini ditunjukan hasil analisis data dengan menggunakan uji t (t-test), dari hasil pretest dan posttest yang di peroleh uji t hitung = 6,21 > t table 0,05= 2,26 maka Ho di tolak dan Ha di terima, yang artinya optimisme siswa menguasai materi pelajaran matematika dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa optimisme siswa untuk menguasai materi pelajaran matematika dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Saran yang diajukan peneliti yaitu: (1) kepada siswa hendaknya harus lebih optimis untuk menguasai materi pelajaran matematika, (2) kepada guru bimbingan dan konseling hendaknya dapat membantu dan membimbing siswa dalam kepedulian meningkatkan optimism siswa untuk menguasai materi pelajaran matematika dengan menggunakan bimbingan kelompok, (3) Kepada peneliti Hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai masalah yang sama tetapi dengan layanan, pendekatan dan tehnik yang berbeda.