%0 Journal Article %A 1013119163, RATNA YULI %D 2013 %F eprints:14972 %J Digital Library %T PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PRINGSEWU BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %U http://digilib.unila.ac.id/14972/ %X Pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 1 Pringsewu Barat, terdapat permasalahan motivasi siswa rendah, siswa tidak bersemangat dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Rata-rata masih dibawah KKM (<67). Persentase siswa yang tuntas belajar <85%. Oleh karena itu berdasarkan rumusan masalah Bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS menggunakan metode pembelajaran inquiry. Penelitian ini bertujuan peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry dikelas IV SD Negeri 1 Pringsewu Barat tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus menggunakan langkah-langkah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Hasil penelitian menyimpulkan terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS menggunakan metode pembelajaran inquiry pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pringsewu Barat tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari Prosentase motivasi belajar siswa pada tiap siklusnya, pada siklus I yaitu 58,75%, siklus II yaitu 69,25% dan siklus III yaitu 84,25%. Sedangkan Prosentase peningkatan hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa pada tiap siklusnya mengalami peningkatan, pada siklus I jumlah 32% dengan nilai rata-rata 59,00 pada siklus II 61% dengan nilai rata-rata 66,51 dan pada siklus III 94% dengan nilai rata-rata 73,74 telah tuntas mencapai standar KKM yang telah ditetapkan yaitu 67. Pembelajaran dengan Metode Pembelajaran Inquiry pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 1 Pringsewu Barat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar juga meningkat. Dengan demikian dapat disarankan bahwa metode pembelajaran inquiry dapat diterapkan oleh guru yang lain guna meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa sehingga meningkatkan mutu pendidikan.