%A Bambang Supranoto 0623011008 %J Digilib Library %T PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS TEKS ARGUMENTASI MELALUI PENGGUNAAN MODEL DEBAT SEBAGAI MEDIA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG %X ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa (1) peningkatan kompetensi siswa dalam menulis teks argumentasi melalui sebuah desain pembelajaran yang menggunakan debat sebagai media, (2) proses pembelajaran yang menggunakan debat sebagai media untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam mengungkapkan gagasan dan opiniserta mengembangkan kosakata (3) sistem evaluasi yang menggunakan debat sebagai media untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis teks argumentasi, dan (4) penggunaan debat sebagai media untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks argumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan debat sebagai media dalam tiga siklus. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi dan dianalisa secara deskriptif dan qualitativf. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) desain pembelajaran yang menggunakan debat sebagai media dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis teks argumentasi, (2) proses pembelajaran yang menggunakan debat sebagai media dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis teks argumentasi, (3) sistem evaluasi yang menggunakan debat sebagai media dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis teks argumentasi, dan (4) penggunaan debat sebagai media dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks argumentasi Kata kunci: Menulis, teks argumentasi, debat, dan media. ABSTRACT This research was done to analyze: (1) the improvement of student?s competence in writing argumentative text through a learning design that used debate as media, (2) the learning process that used debate as media to help students increase their ability in expressing idea and opinion and developing vocabulary, (3) system of evaluation that used debate as media to increase student?s competence in writing argumentative text, and (4) the using of debate as media to increase student?s ability in writing argumentative text. This research was done by using classroom action research method and debate as media in three cycles. Data was collected through observation and analyzed descriptively and qualitatively. The conclusions of this research were (1) the learning design that used debate as media could increase student?s competence in writing argumentative text, (2) the learning process that used debate as media could help student increase their ability in writing argumentative text, (3) system of evaluation that used debate as media could increase student?s competence in writing argumentative text, and (4) the using of debate as media could increase student?s competence in writing argumentative text. Key word: Writing, argumentative text, debate, and media. %L eprints14974