@article{eprints14975, month = {Nopember}, title = {UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN PENDEKATAN TEMATIK KELAS I SEMESTER GENAP SD NEGERI 3 REJOSARI KECAMATAN PRINGSEWU KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN 2012 }, author = {SUKARNI 1013119195}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/14975/}, abstract = {Rendahnya kualitas pembelajaran tematik di sekolah dasar salah satunya disebabkan oleh sistem pembelajaran yang begitu-begitu saja, tidak ada kreasi dan inovasi guru dalam pembelajaran. Dengan identifikasi masalah (1)kegiatan pembelajaran masih banyak didominasi oleh guru sehingga siswa kurang aktif dalam belajar (2) metode yang digunakan metode ceramah, dimana informasi/ konsep-konsep yang dipelajari diberitahukan atau disajikan dengan ceramah saja; (3) dalam proses pembelajaran guru kurang menciptakan rasa menyenangkan; (4) proses pembelajaran menitik beratkan pada pemberian materi kepada siswa. Menanggapi masalah tersebut maka diperlukan kemampuan dan keterampilan guru guna menjadikan pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Sehingga dapat memperoleh hasil yang optimal. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan penelitian tindakan kelas yang menerapkan model pembelajaran Scramble dengan pendekatan tematik pada kelas I semester genap SD Negeri 3 Rejosari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui model pembelajaran Scramble, kelas I SDN 3 Rejosari Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu. Hasil Penelitian menunjukkan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dan IPS kelas I di SDN 3 Rejosari Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2011/2012.} }