TY - JOUR ID - eprints14980 UR - http://digilib.unila.ac.id/14980/ A1 - 1013127002, AKHMAD SATIBI Y1 - 2012/10/16/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa Kelas V SD Negeri 1 Wonoharjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa Kelas V SD Negeri 1 Wonoharjo. Metod yang dipilih Penelitian Tindakan Kelas (PTK) teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah pengamatan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa pasa siklus I mencapai (62,50%,),siklus II aktivitas belajar mencapai (68,75%), dan siklus III aktivitas belajar siswa (81,25%). Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar siswa mengalami dari siklus I ke siklus berikutnya. Pada siklus I ke siklus II aktivitas belajar mengalami peningkatan sebesar 3,5 %, sedangkan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 6,1%, sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II rata-ratanya mengalami peningkatan 72,37 dan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 89,38. JF - Digital Library TI - MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I WONOHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 AV - restricted ER -