@article{eprints14981, month = {Pebruari}, title = {PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS DAN TIPE NHT ( Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Natar Lampung Selatan Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011) }, author = { Edy Biantoro 0643021019}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/14981/}, abstract = {Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan. Tetapi banyak sekolah yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional atau pembelajaran yang berpusat pada guru, termasuk di SMP Negeri 5 Natar Lampung Selatan, sehingga banyak siswa tidak terlibat secara aktif dalam berinteraksi baik dengan guru maupun dengan teman. Hal ini disebabkan hasil belajar siswa masih rendah. Saat ini banyak dikembangkan model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif memiliki beberapa tipe diantarannya tipe TPS (Think Pair Share) dan tipe NHT (Number Heads Together). Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan tujuan untuk menge-tahui perbedaan hasil belajar siswa antara dua tipe pembelajaran koope??ratif, yaitu tipe TPS dan tipe NHT. Populasi dalam penelitian ini adalah selu?ruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Natar Lampung Selatan. Sampel diambil dengan teknik random sampling dan diperoleh kelas VIII A dan VIII B. Pada setiap kelas diterapkan dua tipe pembelajaran kooperatif dengan menggunakan desain berimbang. Data penelitian diambil dengan menggunakan tes yang dilakukan setelah setiap pokok bahasan selesai. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata hasil belajar pada pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS. Kata kunci: Hasil belajar, TPS dan NHT. } }