@article{eprints14985, month = {Februari}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 CAMPANG RAYA BANDAR LAMPUNG}, author = {DWI APRIYANTI 1113069010}, year = {2013}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/14985/}, abstract = {Pembelajaran IPS merupakan pembelajaran yang menekankan pada analisis terhadap fakta, konsep dan generalisasi. Guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran hendaknya memiliki kemampuan untuk mengelola kelas agar tercipta suasana belajar yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah : ?Bagaimana peningkatan aktivitas dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui pembelajaran model cooperative learning tipe STAD pada siswa kelas V SD Negeri 1 Campang Raya Bandar Lampung ?? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk peningkatkan aktivitas dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui pembelajaran model cooperative learning tipe STAD. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 61\% meningkat menjadi 75\% pada siklus ke II. Sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 68 meningkat menjadi 75 pada siklus II sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 60.} }