@misc{eprints14987, month = {Agustus}, title = {UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUFMELALUI PERMAINAN KARTU HURUF DI TK NEGERI PEMBINA SUKARAME}, author = {1213054003 ASRIYANI KASUMA}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/14987/}, abstract = {ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan mengenal lambang huruf yang belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf melalui permainan kartu huruf. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dengan menggunakan panduan instrumen observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif kemudian dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan melalui permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf. Hal ini terlihat dari persentase kemampuanmengenal lambang huruf pada siklus I hanya mencapai 33,99 persen meningkat menjadi 41,33 pada siklus II dan meningkat menjadi 77,13 persen pada siklus III. Oleh sebab itu hendaknya permainan kartu huruf lebih perlu dimaksimalkan penggunaannya agar dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf khususnya pada anak usia dini. Kata kunci: Lambang Huruf, Permainan Kartu Huruf.} }