TY - UNPB ID - eprints14997 UR - http://digilib.unila.ac.id/14997/ A1 - 0713051019, Siti NurAini Y1 - 2012/11/02/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar gerak dasar split pada siswa kelas VIII-B tahun pelajaran 2010/2011 dengan penggunaan alat bantu dinding dan palang kayu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Natar yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 12 putra dan 18 putri. Instrumen yang dipakai adalah penilaian kualitas gerak dasar split dengan rentang nilai 1-5. Teknik analisis data menggunakan prosentase ketuntasan belajar setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, dengan penggunaan alat bantu berupa dinding (siklus pertama) dapat meningkatkan gerak dasar split dengan prosentase ketuntasan belajar 36,7 %; kedua, dengan penggunaan alat bantu berupa palang kayu (siklus kedua) dapat meningkatkan gerak dasar split dengan prosentase ketuntasan belajar 83,3 %. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa dalam pembelajaran gerak dasar split dapat digunakan bantuan alat berupa dinding dan juga palang kayu. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GERAK DASAR SPLIT DENGAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI I NATAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011 AV - restricted ER -