creators_name: 0913068019, SUNARWAN type: thesis datestamp: 2015-12-02 04:56:36 lastmod: 2015-12-02 04:56:36 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SIKAP LILIN DENGAN MODEL BERPASANGAN PADA ANAK KELAS III A SDN2 RAWA LAUT KOTA BANDAR LAMPUNG TP. 2011/2012 ispublished: unpub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran sikap lilin pada siswa kelas III SD Negeri 2 Rawa Laut Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012, dengan penggunaan alat bantu berupa dinding tembok pada siklus pertama, bantuan teman pada siklus kedua dan video pembelajaran pada siklus ketiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan menggunakan tiga siklus. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 26 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan menggunakan instrumen penilaian tes pembelajaran sikap lilin. Hasil penelitian menunjukkan dari 26 subjek kaji tindak pada siklus pertama dengan bantuan dari dinding tembok diperoleh rerata kelas 49,15 poin, sedangkan yang mendapat nilai di atas rerata kelas 34,61 % dan yang mendapat di bawah rerata kelas 65,39 %, yang mendapat nilai ketuntasan belajar 5 siswa dan yang mendapat di bawah nilai ketuntasan belajar 21 siswa. Pada siklus kedua dengan bantuan dari teman, diperolehan rerata kelas 65,38 poin, dan yang mendapat nilai di atas rerata kelas sebesar 42,31 % dan yang mendapat nilai di bawah rerata kelas 65,38 % , yang mendapat nilai ketuntasan belajar 10 siswa dan yang mendapat di bawah nilai ketuntasan belajar 16 siswa. Pada siklus ketiga dengan mengguanakan bantuan video pembelajaran, diperolehan rerata kelas 77,31 poin, dan yang mendapat nilai di atas rerata kelas sebesar 50 % dan yang mendapat nilai di bawah rerata kelas 50 %, yang mendapat nilai ketuntasan belajar 24 siswa dan yang mendapat di bawah nilai ketuntasan belajar 2 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 92,31 %, hal ini berarti proses pembelajaran telah mencapai ketuntasan klasikal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran senam khususnya pada materi gerak sikap lilin, dengan menggunakan alat bantu dapat memperbaiki dan meningkatkan gerak dasar sikap lilin pada siswa III SD Negeri 2 Rawa Laut Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012. date: 2011-11-03 date_type: published institution: Universitas Lampung department: FKIP thesis_type: other citation: 0913068019, SUNARWAN (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SIKAP LILIN DENGAN MODEL BERPASANGAN PADA ANAK KELAS III A SDN2 RAWA LAUT KOTA BANDAR LAMPUNG TP. 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/14999/1/Abstrak%201.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14999/2/Abstrak2.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14999/3/cover%20dan%20daftar%20pustaka%20skripsi%20sunarwan%20sikap%20lilin.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14999/4/cover.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14999/5/DAFTAR%20PUSTAK1.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14999/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14999/7/II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14999/8/III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14999/9/IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14999/10/PENDAHULUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/14999/11/SIMPULAN%20DAN%20SARAN.pdf