%A DESI EKAYANI 1013068011 %T PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK DASAR KAYANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 SUKARAME TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran gerak dasar kayang dalam senam lantai pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Sukarame Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan memberikan tindakan berupa penggunaan alat bantu pembelajaran ber.upa bantuan teman, kardus dan karet. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan menggunakan tiga siklus. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Sukarame Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 40 siswa terdiri dari 20 putra dan 20 putri. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan menggunakan instrumen penilaian tes keterampilan gerak dasar kayang dalam senam lantai dengan rentang penilaian 1-5 Hasil penelitian menunjukkan: pada tes awal hanya mencapai ketuntasan 37,5% hal ini berarti masih sangat rendahnya kemampuan gerak dasar siswa dalam melakukan gerak dasar kayang dalam senam lantai. Pada siklus pertama dengan penggunaan alat bantu pembelajaran berupa bantuan teman diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar meningkat menjadi 60%, hal itu berarti tindakan belum memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus kedua dengan penggunaan alat pembelajaran berupa kardus diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar mengalami peningkatan menjadi 77,5%, hal itu berarti tindakan belum memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus ketiga dengan penggunaan alat bantu pembelajaran berupa karet diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar mengalami peningkatan menjadi 92,5% hal ini berarti proses pembelajaran telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dengan peningkatan hasil belajar lebih dari 50%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran senam lantai khususnya pada materi gerak dasar kayang dengan pemberian tindakan berupa penggunaan alat bantu pembelajaran dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil pembelajaran keterampilan gerak dasar kayang dalam senam lantai pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Sukarame Tahun Pelajaran 2011/2012. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15001