%A KRISTIANA TRI APRIANTI 1013068024 %T PENINGKATAN KEBERANIAN ANAK TERHADAP AIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PADA SISWA KELAS III SDN 4 BUMI WARAS TELUK BETUNG SELATAN %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian siswa terhadap air dalam melalui model pembelajaran bermain pada siswa kelas III SD Negeri 4 Bumi Waras Teluk Betung Selatan Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 4 Bumi Waras Teluk Betung Selatan Bandar Lampung yang berjumlah 24 siswa, dengan perincian 15 laki-laki dan 9 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan menggunakan instrumen penilaian tes keberanian siswa terhadap air. Hasil penelitian menunjukkan: setiap siklus adanya peningkatan keberanian terhadap air, dan bila dilihat dari KKM pada tes awal diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar sebesar 37,50%, pada siklus pertama ternyata dapat meningkatkan keberanian siswa terhadap air sebesar 58,33 % dan siklus kedua dapat meningkatkan keberanian siswa terhadap air dalam pembelajaran renang gaya bebas sebesar 87,50%. Hasil peningkatan 50% itu artinya hasil pembelajaran dengan model pembelajaran bermain yang digunakan menunjukan telah terjadi peningkatan. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa melalui model bermain dapat meningkatkan keberanian siswa terhadap air cukup efektif pada siswa kelas III SD Negeri 4 Bumi Waras Teluk Betung Selatan. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15002