%0 Thesis %9 Other %A 1013118086, SUTAMI %B FKIP %D 2012 %F eprints:15018 %I Universitas Lampung %T PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK DASAR KAYANG DENGAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN DAN MODEL PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 3 TEGALSARI TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/15018/ %X Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Tegalsari. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 5 yang berjumlah 34 siswa, dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 21 orang dan siswa perempuan sebanyak 13 orang. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan menggunakan instrumen penilaian tes keterampilan gerak dasar kayang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran dan memperbaiki gerak dasar kayang pada siswa kelas 5 SD Negeri 3 Tegalsari Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan penggunaan alat bantu berupa matras yang ditumpuk untuk mengurangi rasa takut siswa, dan bantuan teman yang menopang badan siswa yang sedang melakukan gerak dasar kayang sehingga siswa yang melakukan gerak dasar kayang dapat melakukan gerakan secara maksimal. Hasil penelitian menunjukkan: pada siklus pertama dengan penggunaan alat bantu berupa matras diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 55,9 %. Pada siklus kedua dengan bantuan teman diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 97,1%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan alat bantu yang dilakukan dalam dua siklus tindakan secara keseluruhan telah terbukti menghasilkan proses pembelajaran yang efektif karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa.