%A Dian Novita 1113109004 %J Digital Library %T PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BATANGHARI OGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X Berdasarkan hasil observasi awal prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 2 Batanghari Ogan masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 2 Batanghari Ogan Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data digunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran IPA, dan untuk mengetahui prestasi belajar IPA siswa digunakan tes. Selanjutnya peneliti melakukan interprestasi terhadap data sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian data menunjukkan bahwa penggunaan metode Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I, siswa yang tuntas belajar tersebut 50%, pada siklus II menjadi 80%. %D 2013 %L eprints15027