%0 Journal Article %A 1113109024, Maskiyah %D 2013 %F eprints:15032 %J Digital Library %T MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PADANGRATU KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %U http://digilib.unila.ac.id/15032/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalaui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Start with a Question (LSQ). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkahlangkah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah guru, kolaboran, dan siswa kelas IV sebanyak 20 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar dari siklus ke siklus. Aktivitas siswa pada siklus I 62,00%, pada siklus II meningkat menjadi 77,00%. Rata-rata hasil belajar pada siklus I 67,65, pada siklus II meningkat menjadi 74,41. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I 65%, meningkat pada siklus II menjadi 80%.