%A DESI SUSANTI 0713053014 %T PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS VB SD NEGERI 10 METRO TIMUR %X enelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan keterampilan bercerita siswa kelas VB SD Negeri 10 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan bercerita siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penerapan metode discovery. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang disebut classroom action research. Pelaksanaannya melalui siklus berdaur ulang dengan tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode discovery terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan bercerita siswa kelas VB SD Negeri 10 Metro Timur. Aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I rata-rata aktivitas siswa adalah 62,62, siklus II mencapai 78,75, dan siklus III mencapai 84,36. Kemudian untuk keterampilan bercerita siswa juga meningkat, hal ini terlihat dari hasil bercerita siswa terus meningkat dari siklus I sampai siklus III. Pada siklus I ratarata keterampilan bercerita siswa mencapai 64,44, siklus II mencapai 75,78, dan siklus III mencapai 86,11. Dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode discovery dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan bercerita siswa, karena dalam proses pembelajarannya siswa terlibat secara aktif dan kreatif. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15036