%0 Thesis %9 Other %A 0813053010, SUNNAILI YARTI %B FKIP %D 2012 %F eprints:15037 %I Universitas Lampung %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V A SDN 5 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/15037/ %X Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas VA SDN 5 Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas sekaligus hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VA SDN 5 Metro Barat menggunakan model cooperative learning tipe NHT. Penelitian ini menggunakan metode PTK dengan tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diperlukan diperoleh melalui lembar observasi dan instrumen tes pada setiap siklus. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe NHT pada mata pelajaran PKn kelas V A SDN 5 Metro Barat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (49,72%) meningkat pada siklus II menjadi (62,50%) terjadi peningkatan sebesar (12,78%) dan pada siklus III menjadi (80,56%) terjadi peningkatan sebesar (18,06%). Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (51,67) meningkat pada siklus II menjadi (60,67) terjadi peningkatan sebesar (9) dan pada siklus III menjadi (73,34) terjadi peningkatan sebesar (12,67). Berdasarkan hasil temuan pengembangan proses pembelajaran, peneliti menyarankan agar guru kelas V Sekolah Dasar (SD) dapat menggunakan model cooperative learning tipe NHT pada pembelajaran PKn supaya aktivitas dan hasil belajar dapat meningkat serta siswa tidak menganggap pembelajaran PKn membosankan.