%A NI WIDYOWATI 0813053028 %T PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVA SDN 08 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Berdasarkan data observasi awal di SDN 08 Metro Timur yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu rata-rata 55 dibawah nilai KKM 60. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN 08 Metro Timur dalam proses pembelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang disebut dengan classroom action research yang dilaksanakan dalam 3 siklus dan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpul data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 33 siswa, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam setiap siklusnya. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 64,84 %, siklus II sebesar 73,92% dan siklus III sebesar 85,45%. Hasil rekapitulasi peningkatan terhitung, (1) dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 9,08, (2) dari siklus II ke siklus III meningkat sebesar 11,53. Begitu pula dengan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 62,42, siklus II sebesar 74,5, dan siklus III sebesar 79,39. Hasil rekapitulasi peningkatan terhitung, (1) dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 12,08, (2) dari siklus II ke siklus III meningkat sebesar 4,89. Berdasarkan hasil temuan, disarankan pada guru mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial hendaknya dapat menerapkan model cooperative learning tipe numbered heads together (NHT) dalam proses pembelajaran agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15039