@unpublished{eprints15040, month = {Oktober}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VA SD NEGERI 8 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012}, school = {Universitas Lampung}, author = {FERRY APRIYANTO 0813053029}, year = {2012}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15040/}, abstract = {Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VA SD Negeri 8 Metro Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw di kelas VA SD Negeri 8 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui tiga siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw pada pembelajaran IPS kelas VA SD Negeri 8 Metro Timur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (49,65\%), siklus II (62,75\%) dan siklus III (77,54\%) dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 13,1\% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 14,79\%. Sementara itu ratarata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (66,29), siklus II (70,92), dan siklus III (79,44) dengan demikain terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4,63 dan dari siklus II ke siklus III sebesar 8,52} }