%A DEDY WIJAYA KUSUMA 1013069015 %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PANJANG UTARA BANDAR LAMPUNG %X Proses pembelajaran IPA di kelas V SDN 1 Panjang Utara kurang menarik bagi siswa. Guru berlaku sebagai sumber informasi tunggal yang memiliki posisi yang sangat dominan dalam proses pembelajaran. Akibatnya aktivitas dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode demonstrasi dipandang sebagai salah satu metode yang sangat cocok digunakan dalam pembelajaran IPA karena dapat memberikan pengalaman belajar yang konkret bagi siswa bukan sekedar teori. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN 1 Panjang Utara dengan jumlah 32 siswa. Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa peneliti menggunakan lembar observasi. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa peneliti menggunakan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas siswa siklus I mencapai 57,81% (cukup aktif) dan siklus II 76,56% (aktif). Sedangkan hasil belajar siswa siklus I mencapai ketuntasan 75,00% dan siklus II 87,50%. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15046