TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints15050 UR - http://digilib.unila.ac.id/15050/ A1 - Sari Puspa Dewi, 1113053102 Y1 - 2015/10/19/ N2 - ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas V B SD Negeri 10 Metro Pusat yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B SD Negeri 10 Metro Pusat melalui penerapan model discovery learning dengan media grafis. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk data afektif dan psikomotor, sedangkan hasil belajar kognitif menggunakan tes. Data kualitatif dianalisis dengan teknik analisis kualitatif, sedangkan hasil belajar kognitif menggunakan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dengan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B SD Negeri 10 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari persentase afektif siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 53,85% dengan kategori ?Kurang?, pada siklus II menjadi 84,62% dengan kategori ?Baik? meningkat sebesar 30,77%. Persentase psikomotor siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 42,31% dengan kategori ?Kurang?, pada siklus II menjadi 80,77% dengan kategori ?Baik? meningkat sebesar 38,46%. Nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I yaitu 65,87 dengan kategori ?Cukup?, pada siklus II menjadi 75,69 dengan kategori ?Baik? meningkat sebesar 9,82. Kata kunci: afektif, discovery learning, hasil belajar, kognitif, media grafis, psikomotor. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V B SD NEGERI 10 METRO PUSAT AV - restricted ER -