%0 Generic %9 Other %A Septi Yuyun Ernasari, 1113053106 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:15051 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE CO-OP CO-OP DENGAN MEDIA GRAFIS PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA SD NEGERI 04 METRO BARAT %U http://digilib.unila.ac.id/15051/ %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 04 Metro Barat pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 04 Metro Barat melalui penerapan model cooperative learning tipe co-op co-op dengan media grafis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe co-op co-op dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas VA SD Negeri 04 Metro Barat. Meningkatnya aktivitas belajar siswa dapat diketahui dari rata-rata persentase siswa aktif, siklus I sebesar 52,38%, dan siklus II sebesar 76,19%, meningkat sebesar 23,81%. Ketuntasan kognitif siswa pada siklus I sebesar 64,76 dengan persentase ketuntasan 52,38% dan siklus II sebesar 79,14 dengan persentase ketuntasan 76,19%, meningkat sebesar 23,81%. Persentase ketuntasan afektif siswa pada siklus I sebesar 57,14% dan siklus II sebesar 80,95%, meningkat sebesar 23,81%. Persentase ketuntasan psikomotor siswa pada siklus I sebesar 61,90% dan siklus II sebesar 76,19%, meningkat 14,29%. Kata kunci: aktivitas belajar, cooperative learning tipe co-op co-op, hasil belajar, media grafis.