%A SUTARNO 1113119038 %J Digital Library %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 REJOSARI KECAMATAN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas V SD Negeri 2 Rejosari aktivitas belajar rendah dan hasil belajar Matematika masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Rejosari pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan volume kubus dan balok dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Pengumpulan menggunakan instrument lembar pengamatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, dan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan volume kubus dan balok. Aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 50,72% dengan kategori cukup aktif, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 72,45% dengan kategori aktif sedangkan pada siklus III menjadi 85,98% dengan kategori sangat aktif. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang telah tuntas belajar yaitu 43,48% menjadi 73,48% pada siklus II dan pada siklus III yaitu 95,67% Kesimpulan penelitian ini adalah ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar Matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas V SD Negeri 2 Rejosari Kecamatan Pringsewu tahun pelajaran 2012/2013 Saran yang disampaikan dari hasil penelitian ini adalah hendaknya guru dalam pembelajaran Matematika sebaiknya menggunakan pendekatan kontekstual supaya aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. %D 2013 %L eprints15054