@article{eprints15056, month = {Februari}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI KELAS IV SD NEGERI 2 REJOSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013}, author = {VIRGIANA 1113119043}, year = {2013}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15056/}, abstract = {Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Rejosari aktivitas belajar rendah dan hasil belajar IPA masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui metode demonstrasi kelas IV SD Negeri 2 Rejosari Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2012/2013 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumetasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Makhluk hidup dan Lingkungannya. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 50,72\% dengan kategori cukup aktif, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 72,45\% dengan kategori aktif sedangkan pada siklus III menjadi 85,98\% dengan kategori sangat aktif. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang telah tuntas belajar yaitu 43,48\%, menjadi 73,48\% pada siklus II dan pada siklus III yaitu 95,67\% Kesimpulan penelitian ini adalah ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas IV SD Negeri 2 Rejosari Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu tahun pelajaran 2012/2013 Saran yang disampaikan dari hasil penelitian ini adalah hendaknya guru dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Makhluk Hidup dan Lingkungannya sebaiknya menggunakan metode Demonstrasi supaya aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat.} }