creators_name: 1113127010, Meri Yanti type: article datestamp: 2015-12-07 02:10:26 lastmod: 2015-12-07 02:10:26 metadata_visibility: show title: PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (TEMATIK) KELAS III SDN TALANG SEPUH KECAMATAN TALANGPADANG KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013 ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Talang Sepuh Kecamatan Talangpadang Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2012/2013 masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran Kontekstual pada siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Talang Sepuh Kecamatan Talangpadang Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Talang Sepuh semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 19 siswa terdiri 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas kinerja guru serta aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas kinerja guru diperoleh saat peneliti melaksanakan pembelajaran pada setiap siklus, aktivitas dan hasil belajar siswa diperoleh berdasarkan hasil post-test serta ketuntasan belajar pada masing-masing siklus. Instrumen yang digunakan yaitu lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Kontekstual pada materi mengenal pecahan sederhana dapat dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penerapan pembelajaran Kontekstual. Persentase aktivitas belajar siswa siklus I mendapat rata-rata 47,50% meningkat menjadi 82,50% pada siklus II. Nilai hasil belajar siswa rata-rata pada siklus I 56,32 dengan ketuntasan belajar sebesar 47,37 %, meningkat pada siklus II yaitu rata-rata 77,37 dengan ketuntasan belajar sebesar 84,21 %. Hasil penelitian menunjukkan ada perubahan aktivitas belajar siswa siklus I dan siklus II naik sebesar 35 % dan ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II naik sebesar 36,84 %. Berdasarkan data di atas diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Talang Sepuh Kecamatan Talangpadang Kabupaten Tanggamus. date: 2013-02-25 date_type: published publication: Digital Library refereed: TRUE citation: 1113127010, Meri Yanti (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (TEMATIK) KELAS III SDN TALANG SEPUH KECAMATAN TALANGPADANG KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library. document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/2/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/3/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/4/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/5/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/6/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/7/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/8/DAFTAR%20DIAGRAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/9/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/10/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/10/COVER%20LUAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/12/HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/13/MOTTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/14/PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/15/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/16/PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/17/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/19/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15057/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf