@article{eprints15058, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA (Studi Eksperimental Pada Siswa kelas VIII SMP N 2 Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012) }, author = {Ana Puspita 0643024007}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15058/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan Manusia, dan pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap aktivitas belajar siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan Manusia. Desain penelitian adalah pretest-postest tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif yaitu hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dari pretes dan postes. Analisis data kuantitatif menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5\% dengan menggunakan program SPSS 17. Data kualitatif yaitu data afektif dan aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran picture and picture berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa (N-gain 55,34) lebih tinggi dari pada kelas yang pembelajarannya tanpa menggunakan model pembelajaran picture and picture (N-gain 23,59); (2) aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran picture and picture dengan rata-rata peningkatan 12,8\% lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran picture and picture yaitu 3\%. Jadi, penggunaan model pembelajaran picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan Manusia pada siswa kelas VIII SMP N 2 Natar Lampung Selatan TP 2011/2012. Kata kunci : Model pembelajaran picture and picture, Hasil belajar. } }