%0 Journal Article %A 0643024016, Dwi Anita %D 2012 %F eprints:15059 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SUB MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DALAM PELESTARIAN EKOSISTEM (Studi Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Bekri Lampung Tengah Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011) %U http://digilib.unila.ac.id/15059/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran kooperatif tipe TAI bila diterapkan pada sub materi keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem di SMP N 1 Bekri Lampung Tengah. Desain ini penelitian adalah pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIB sebagai kelas kontrol, yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dari pretes,dan postes. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar aspek kognitif siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI ( N- Gain 67,23) lebih tinggi dibanding model pembelajaran DI (N- Gain 38,59). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI cukup efektif diterapkan pada sub materi keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem di SMP N 1 Bekri Lampung Tengah dengan kriteria N- Gain 67,23. Kata kunci : tipe TAI, keanekaragaman ekosistem, efektivitas.