%0 Journal Article %A 0713023009, Melya Santi %D 2012 %F eprints:15073 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP %U http://digilib.unila.ac.id/15073/ %X Ketepatan dalam memilih dan menerapkan suatu model pembelajaran sangat mempengaruhi tingkat penguasaan konsep siswa. Untuk medapatkan tingkat Keterampilan inferensi dan penguasaan konsep yang tinggi dibutuhkan model pembelajaran dan pendekatan pembelajaran yang mampu menghantarkan siswa pada pembelajaran yang lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk men-deskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkat-kan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep siswa pada matei pokok laju reaksi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 7 Bandar Lampung kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011-2012. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan selisih skor pretest dan posttest (gain ternormalisasi) Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki tingkat penguasaan konsep dan Keterampilan inferensi yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan inferensi. Kata kunci : Model pembelajaran inkuiri terbimbing, penguasaan konsep, dan keterampilan inferensi.