@article{eprints15076, title = {INTEGRASI NILAI RELIGI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DITINJAU DARI ASPEK AFEKTIF PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN }, author = {Nur Muthia 0713024008}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15076/}, abstract = {Berdasarkan hasil observasi peneliti di SMP IT Ar-Raihan, nilai religi telah diintegrasikan dalam RPP yang berupa ayat Al-Quran sebagai salah satu sumber belajar. Namun, belum dirinci dalam langkah-langkah pembelajaran. Sehingga, penerapan pembelajaran dengan integrasi nilai religi belum berjalan optimal. Hal ini berpengaruh pada rata-rata nilai aspek afektif siswa. Dapat dilihat pada rata-rata nilai afektif siswa dalam mata pelajaran IPA kelas VII tahun pelajaran 2008/2009 dan 2009/2010 yang sama jumlahnya dengan nilai KKM yaitu 70. Hasil tersebut baru mencapai target minimal yaitu rata-rata nilai hasil belajar aspek afektif sama dengan nilai KKM. Oleh karena itu, hasil belajar aspek afektif di SMP IT Ar-Raihan masih perlu ditingkatkan sehingga bisa di atas nilai KKM. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan mengintegrasikan nilai religi dalam pembelajaran biologi melalui model pembelajaran problem based insruction (PBI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi nilai religi dalam pembelajaran Biologi melalui model pembelajaran problem based instruction pada materi pokok pencemaran lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan pada integrasi nilai religi dalam pembelajaran biologi melalui model pembelajaran PBI pada materi pokok pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar afektif siswa; (2) Rata-rata hasil belajar afektif siswa pada materi pokok pencemaran lingkungan dengan integrasi nilai religi dalam pembelajaran biologi melalui model pembeajaran PBI lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran PBI saja; (3) rata-rata peningkatan aspek afektif siswa dalam semua indikator yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Indikator tertinggi yaitu pada aspek konsep diri dan sikap dan indikator terendah yaitu pada aspek nilai; (4) rata-rata aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen yaitu 73.44 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 68.66. Aktivitas tertinggi yaitu pada aspek bekerjasama dengan teman dan aktivitas terendah yaitu pada aspek mempresentasikan hasil diskusi. Kata kunci : integrasi nilai religi, PBI, aspek afektif siswa, pencemaran lingkungan. } }