@article{eprints15078, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH TUMBUHAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012) }, author = {Rica Relista 0713024010}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15078/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan media komik model Problem Based Learning (PBL) Terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok struktur dan fungsi tubuh tumbuhan ; (2) keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok struktur dan fungsi tubuh tumbuhan yang pembelajarannya menggunakan media komik melalui model PBL lebih tinggi dibandingkan dengan media gambar dan diskusi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2011 di SMP Negeri 9 Bandar Lampung. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIb sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas VIIIe sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel secara cluster sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretes-postes tak ekuivalen. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif yaitu data keteramplian berpikir kritis siswa pada materi pokok struktur dan fungsi tubuh tumbuhan yang diperoleh dari pretes, postes dan N-gain, sedangkan data kualitatif berupa aktivitas siswa dan angket tanggapan siswa. data dianalisis secara statistik melalui program SPSS 17. Penggunaan media komik melalui model PBL meningkatkan semua aspek indikator berpikir kritis dan semua aktivitas siswa. indikator keterampilan berpikir kritis yang mengalami peningkatan paling tinggi yaitu memberikan argumen sebesar 49.09\% dan aktivitas siswa dengan rata-rata 74.84 berkategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pembelajaran menggunakan media komik melalui model PBL pada materi poko SPT memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa; (2) keterampilan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan media komik melalui model PBL pada materi pokok SPT lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan media gambar dan diskusi. Kata kunci : media komik, Model PBL, keterampilan berpikir kritis siswa. } }