%0 Thesis %9 Other %A 1013069022, ELMIYAH %B FKIP %D 2012 %F eprints:15085 %I Universitas Lampung %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SUKARAME II TELUKBETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2011-2012 %U http://digilib.unila.ac.id/15085/ %X Hasil pengamatan penulis terhadap aktivitas belajar IPA siswa di SDN 1 Sukarame II kelas IV masih sangat rendah . Diketahui bahwa sekitar 17 siswa atau 57% memperoleh nilai < 60 dari 30 siswa. Hal ini menunjukkan masih banyaknya siswa yang memperoleh nilai rendah di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah (1) peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran (2) peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan metode inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan proses kajian berdaur yang terdiri dari empat tahap. Data dikumpulkan dengan melalui observasi, catatan lapangan dan tes pada setiap akhir siklus. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil aktivitas pada setiap siklusnya, yaitu pada siklus I Pertemuan I dari 30 anak yang aktif dalam diskusi ada 15 anak (50%) , Pertemuan II 17 anak (56,7%), siklus II Pertemuan I ada 24 siswa (80%) dan Pertemuan II ada 30 siswa (100%), data tentang hasil belajar siswa dengan meningkatnya persentase siswa yang mendapat nilai 60 dari siklus I sebesar 60,3 % meningkat pada siklus II menjadi 100% atau meningkat 39,7%. Dari data di atas menunjukkan bahwa hasil belajar telah tercapai.