%A Nani Sudarsani 1013069089 %T UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 PINANG JAYA BANDAR LAMPUNG %X Berdasarkan penilaian yang dilakukan di SDN 2 Pinang Jaya Bandar Lampung, bahwa pembelajaran IPA di kelas IV terlihat masih rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru, guru hanya menggunakan metode ceramah saja, guru jarang bahkan tidak pernah menggunakan media pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, yakni hanya 45,56 % siswa yang sudah aktif mengikuti pembelajaran, selebihnya belum dan hanya 36,67 % siswa yang mendapat nilai sama atau lebih dari KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode penemuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan langkah-langkah : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi selama tindakan dan dokumen hasil belajar siswa. Hasil penelitian tindakan menunjukkan bahwa melalui penggunaan metode penemuan dalam pembelajaran IPA ternyata kemampuan siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh dari pra siklus yang semula 45,56 %, meningkat menjadi 51,67 % pada siklus I, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 73,14 %, dan dari siklus II ke siklus III meningkat menjadi 83,33 %. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints15087